Visi & Misi

LEMBAGA KONTROL SOSIAL MEDIA & LIVE STREAMING INDONESIA

KEPUTUSAN MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA REPUBLIK INDONESIA

NOMOR AHU-0009943.AH.01.07.TAHUN 2018

 

Lembaga Kontrol Sosial Media & Live Streaming Indonesia didirikan dengan maksud dan tujuan untuk mengawasi, bersosialisasi, mengajukan seminar-seminar, dan pelatihan yang bermanfaat terhadap perkembangan teknologi dengan maraknya Sosial Media dan Live Streaming, serta melakukan kontrol sesuai Hukum yang berlaku terhadap Netizen pengguna Sosial Media dan Live Streaming juga Penyedia Aplikasi Sosial Media dan Live Streaming yang menjalankan bisnisnya di Indonesia, agar tetap dapat menggunakan Sosial Media dan menggunakan aplikasi Live Streaming dengan baik secara Positif dan secara bijak juga cerdas serta tetap menjaga kewibawaan dan stabilitas Bangsa dan Negara didunia maya, juga sebagai sarana komunikasi kepada pemerintah dan kepada pihak perusahaan aplikasi Sosial Media dan perusahaan aplikasi Live Streaming agar bangsa Indonesia yang menggunakan Sosial Media dan Live Streaming dapat membantu mensosialisasikan program-program Pemerintah

Dan semoga dengan adanya Lembaga Kontrol Sosial Media & Live Streaming ini seluruh Netizen Pengguna Sosial Media dan pengguna Live Streaming agar senantiasa dapat mematuhi hukum dan atau perundang-undangan yang berlaku di Indonesia dalam artian yang luas.

Untuk mencapai maksud dan tujuan dari Lembaga Kontrol Sosial Media & Live Streaming Indonesia dapat melakukan kegiatan-kegiatan sebagai berikut, tetapi tidak terbatas pada kegiatan-kegiatan lainnya sepanjang tidak bertentangan dengan Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, ketertiban dan kepentingan umum.

 

Kegiatan- kegiatan tersebut antara lain :

  1. Meningkatkan serta memberikan pengetahuan dan keahlian kepada masyarakat melalui siaran-siaran Live yang bernuansa positif baik aplikasi chat, voice, maupun visual streaming.

  2. Menyalurkan bakat-bakat Para Netizen yang memiliki SDM untuk kepentingan Bangsa dan Negara melalui siaran-siaran Live yang bernuansa positif.

  3. Memberikan bantuan sosial kepada masyarakat yang tidak mampu serta menginformasikan kepada masyarakat orang-orang yang perlu dibantu untuk disiarkan kepada khalayak umum dengan menggunakan sarana Sosial Media dan Live Streaming dari para anggotanya agar mendapatkan bantuan secara langsung, hingga tercipta manfaat tolong-menolong dari sesama, dengan tetap bertanggung jawab secara hukum, dan terbebas dari Informasi Hoax.

  4. Memberdayakan masyarakat untuk sadar Hukum secara umum dalam artian yang luas dan secara khusus yang berkaitan dengan dunia Maya.

  5. Membantu Pemerintah dan Penegak Hukum untuk turut serta mengawasi pengguna Aplikasi Live Streaming dan pengguna sosial media dimulai dari para anggotanya hingga Netizen secara umum sebagai alat sosial kontrol agar tidak ada lagi yang menggunakan identitas palsu atau data diri dan foto palsu untuk melakukan tindak kejahatan yang merugikan masyarakat, bangsa dan Negara.

  6. Membantu Pemerintah didalam Mensosialisasikan program-program Pemerintah melalui siaran-siaran Positif Live Streaming.

  7. Memberikan informasi Positif seluruh bidang pengetahuan kepada Masyarakat agar bermanfaat.

  8. Menyampaikan masukan-masukan ide serta saran para Pengguna Aplikasi Live Streaming kepada Instansi Pemerintah serta Perusahaan Aplikasi Live Streaming dari para Penggunanya demi kemajuan Bangsa dan Negara.

  9. Bekerjasama dengan instansi-instansi, komisi-komisi, atau badan hukum lainnya untuk menjalankan tugas atau program kerja demi kepentingan dan kemajuan Bangsa dan Negara melalui fasilitas Aplikasi Live Streaming dan Sosial Media yang ada di Indonesia.

  10. Sebagai alat sosial kontrol seluruh pengguna Sosial Media dan Live Streaming agar menggunakan aplikasi tersebut dengan cara yang positif dan benar, tidak mengandung sara, tidak mengandung unsur pornografi, maupun hal-hal lain yang mempermalukan Bangsa dan Negara.

  11. Turut mewakili masyarakat, Bangsa dan Negara, untuk melaporkan tindakan-tindakan pelanggaran hukum yang berhubungan dengan Cybercrime dalam artian yang luas.

Bahwa untuk mendukung setiap program kegiatan, maka akan didirikan Lembaga sayap sesuai dengan program kegiatan yang dibutuhkan.

Lembaga sayap yang dimaksud adalah mendirikan Team MONITORING & CONTROLLING, Pusat Bantuan Hukum, Devisi sarana Informatika, Pusat Traning Center dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, serta Petunjuk dari Pemerintah terhadap Program Kerja kedepan.